Rabu, 10 Juni 2009

Poligon


In geometry a polygon (pronounced /ˈpɒlɪɡɒn/) is traditionally a plane figure that is bounded by a closed path or circuit, composed of a finite sequence of straight line segments (i.e., by a closed polygonal chain). Dalam geometri sebuah polygon (diucapkan / pɒlɪɡɒn /) secara tradisional sebuah pesawat gambar yang bounded by a closed circuit atau jalan, terdiri dari urutan terbatas lurus baris segmen (yaitu, dengan ditutup polygonal rantai). These segments are called its edges or sides , and the points where two edges meet are the polygon's vertices or corners . Segmen dipanggil atau pihak yang ujung-ujungnya, dan dua poin di Tepi memenuhi adalah poligon vektor atau dari sudut. The interior of the polygon is sometimes called its body . Bagian dalam kadang-kadang disebut poligon tubuhnya. A polygon is a 2-dimensional example of the more general polytope in any number of dimensions. J poligon adalah contoh 2-dimensi yang lebih umum polytope dalam jumlah dimensi.
The word "polygon" derives from the Greek πολύς ("many") and γωνία (gōnia), meaning "knee" or "angle". Perkataan "poligon" berasal dari Yunani πολύς ( "banyak") dan γωνία (gōnia), yang berarti "lutut" atau "sudut". Today a polygon is more usually understood in terms of sides. Today poligon yang biasanya lebih dipahami dalam hal pihak.
Usually two edges meeting at a corner are required to form an angle that is not straight (180°); otherwise, the line segments will be considered parts of a single edge. Biasanya ujung-ujungnya dua pertemuan di pojok yang diperlukan untuk membentuk sebuah sudut yang tidak lurus (180 °); jika tidak, baris segmen akan dianggap satu bagian dari tepi.
The basic geometrical notion has been adapted in various ways to suit particular purposes. Dasar geometris gagasan telah disesuaikan dalam berbagai cara untuk memenuhi tujuan tertentu. For example in the computer graphics (image generation) field, the term polygon has taken on a slightly altered meaning, more related to the way the shape is stored and manipulated within the computer. Misalnya di komputer grafis (image generation) bidang, istilah poligon telah diambil pada makna yang sedikit diubah, lebih berkaitan dengan cara membentuk dimanipulasi dan disimpan di dalam komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger